Manfaat Konsultasi Menulis

Setiap akhir masa belajar di bangku kuliah setiap mahasiswa diwajibkan untuk menulis tugas akhir. Skripsi untuk mereka yang menempuh gelar S1, tesis bagi mereka yang mengambil S2, serta desertasi bagi mereka yang akan mendapatkan gelar Doktor dari kuliah S3-nya.

Dalam setiap menyelesaikan tugas akhir itu setiap mahasiswa mendapatkan bimbingan dari seorang dosen. Tugas dosen disini adalah sebagai tempat konsultasi bagi penulisan tugas akhir bagi mahasiswa yang bersangkutan.

Mengapa konsultasi ini penting?

Baiklah untuk menjawabnya, mungkin kita bisa mencari contoh penulisan lainnya. Diary atau buku harian misalnya. Mengapa penulisan buku harian tidak membutuhkan konsultasi? Jawabannya adalah karena buku harian hanya untuk dikonsumsi pribadi, bagi mereka yang menulisnya. Bahkan sangat rahasia karena sang penulis berkeberatan jika orang lain membacanya.

Nah, inilah yang membedakan sebuah diary dengan tugas akhir dalam kuliah. Bila diary hanya dikonsumsi oleh pribadi, tugas akhir ini akan dikonsumsi oleh orang lain, baik dalam jurusan yang sama atau berbeda. Ya, jenis karya ilmiah ini adalah salah satu bahan rujukan yang biasanya dipakai dalam dunia akademik.

Karena itulah disebabkan oleh tujuan penulisannya yang akan digunakan untuk konsumsi umum, maka dalam penulisan tugas akhir inilah dibutuhkan bimbingan penulisan yang intinya berisi konsultasi sang mahasiswa dengan dosen pembimbignya.

Lalu bagaimana dengan penulisan buku?

Wah, ini pertanyaan yang bagus. Karena tujuan penulisan buku lebih umum dibanding dengan penulisan tugas akhir, maka dalam penulisannya konsultasi sangat dibutuhkan. Dengan konsultasi ini nanti kita akan tahu bagaimana hasil tulisan kita; mana yang sudah bagus dan mana yang harus dipoles lagi.

Berbeda dengan konsultasi tugas akhir yang ditujukan pada seorang dosen, konsultasi penulisan buku ini ditujukan kepada mereka yang telah mempunyai pengalaman dalam menulis buku. Bisa seorang penulis, editor atau publishis (orang yang berpengalaman dalam dunia penerbitan).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *